• SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
  • Kami Datang Untuk Berprestasi

KREATIF DENGAN MIND MAPPING (PEMETAAN – PIKIRAN)

KREATIF  DENGAN MIND MAPPING (PEMETAAN – PIKIRAN)

Oleh : Heru Supriyanto*)

“Dalam bentuk pendidikan yang baru, penekanan pendidikan harus dibalik. Jika tadinya berbagai fakta di luar diri seseorang yang lebih dahulu diajarkan, kini kita harus terlebih dahulu mengajarkan  berbagai fakta tentang dirinya sendiri – fakta tentang cara manusia belajar, berpikir, mengingat, mencipta, dan menyelesaikan masalah”[1]

 

Tony Buzan, yang mengembangkan pemetaan pikiran perbah berkata, “Para eksekutif bisnis rata-rata menghabiskan waktu antara  1.000 dan 10.000 jam untuk belajar ekonomi, sejarah, bahasa, sastra, matematika, dan ilmu politik. Sayangnya, untuk belajar tentang berpikir kreatif, para eksekutif tersebut hanya menghabiskan kurang dari sepuluh jam”.

Kenyataan itulah yang membuat Buzan mengembangkan mind mapping, teknik pemetaan pikiran, salah satu keterampilan yang paling efektif dalam proses berpikir kreatif. Pemetaan pikiran tidak bersifat membatasi, pikiran kita membiarkan informasi mengalir lebih leluasa. Informasi juga mengatur dirinya sendiri dalam kelompok-kelompok sendiri saat mengalir dari pikiran ke lembar kertas. Pemetaan pikiran juga memungkinkan pikiran kita menjelajahi berbagai pola.

 

Apa itu mind mapping (pemetaan pikiran) ?

Mind map (peta pikiran) adalah teknik meringkas bahan yang perlu dipelajari, dan memproye  ksikan masalah yang dihadapi ke dalam bentuk peta atau teknik grafik sehingga lebih mudah memahaminya. Kegiatan ini sebagai latihan dapat mengoptimalkan fungsi otak kiri dan kanan, yang kemudian dalam aplikasinya sangat membantu untuk memahami masalah dengan cepat. Mind map menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dan direnungkan. Mind map juga mudah  dibuat  karena   merupakan ekspresi alami yang spontan dari jalan pikiran dan paduan dari kerja otak yang logis dan imajinatif.[2]  Dengan teknik mind map, kita dapat pula menyeleksi informasi-informasi apa saja yang perlu diterima dan menyimpannya dengan lebih jelas. Mind map tidak sulit untuk dipelajari, tetapi efektif, baik dalam penggunaan maupun hasilnya.

Metode ini merupakan metode yang menggunakan berbagai unsur, antara lain penggunaan kata kunci dalam bacaan, mnemonik, simbol, gambar dan warna. Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Mind Map adalah cara mencatat kreatif, efektif, dan secara harfiah akan “memetakan” pikiran-pikiran kita. Mind Map juga sangat sederhana. Mind Map membantu kita belajar, menyusun, dan menyimpan sebanyak mungkin informasi yang kita inginkan, dan mengelompokkan dengan cara alami[3].

Mind Map menggunakan kemampuan otak akan pengenalan visual untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Dengan kombinasi warna, gambar, dan cabang-cabang melengkung, Mind Map lebih merangsang secara visual daripada metode pencatatan tradisional, yang cenderung linear dan satu warna. Ini akan sangat memudahkan kita mengingat informasi Mind Map.[4] 


Penerapan Pemetaan – Pikiran

Penerapan pemetaan-pikiran hampir tak terbatas – manfaat teknik ini bisa dilihat dalam tiap proses yang membutuhkan informasi atau pengelolaan. Berikut ini beberapa penggunaan pemetaan-pikiran :

  1. Penulisan – Pemetaan pikiran membantu kita menyusun bahan tulisan, baik untuk laporan dalam pekerjaan maupun menggali tokoh novel baru sehingga tulisan kita kan lebih dalam dan kaya. Pemetaan pikiran membantu mendobrak rintangan menuilis, dan memungkinkan lancarnya aliran proyek menulis kita.
  2. Manajemen Proyek – Pemetaan pikiran adalah cara yang baik sekali untuk memulai “pemecahan-pemecahan” suatu proyek jadi beberapa bagian kecil.
  3. Curah Gagasan (Brainstorming)Kegiatan curah gagasan, baik kelompok maupun perseorangan, cocok dengan teknik pemetaan pikiran yang strukturnya mengalir bebas.
  4. Presentasi – Dengan pemetaan pikiran, kita lebih mudah mempersiapkan pidato; hal ijni membantu pendengar mengerti dan mengingat isi presentasi dengan lebih baik.
  5. Penulisan Catatan – Metode pencatatan pemetaan pikiran yang menarik secara visual ini membantu kita mengelola informasi saat kita terima, menambahkan kaitan dan asosiasi, serta menjadikan informasi lebih lama bertahan dalam ingatan[5].

 

Bagaimana Membuat Mind Map

Membuat mind map (pemetaan – pikiran) tidaklah sulit. Ketika kita membuat mind map (pemetaan – pikiran) kita tidak memerlukan bahan yang begitu banyak dan rumit seperti ketika kita membuat suatu masakan. Apa yang diperlukan ketika kita membuat sebuah mind map (pemetaan – pikiran) ?  Dalam membuat mind map (pemetaan – pikiran), kita hanya membutuhkan tiga hal, yaitu kreativitas, kertas, dan pensil warna. Bagaimana langkah-langkah dalam membuat mind map (pemetaan – pikiran) ?

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Femy Olivia, Gembira dengan Mind Map

 

Tony Buzan memberikan tujuh langkah dalam membuat mind map (pemetaan – pikiran)[6], yaitu :

  1. Mulai dari bagian tengah permukaan secarik kertas kosong yang diletakkan dalam posisi memanjang karena posisi itu memberikan keleluasaan bagi cara kerja orak untuk mengekspresikan diri lebih bebas dan alami.
  2. Gunakan sebuah gambar untuk gagasan kita, karena gamabr bernilai seribu kata dan membantu kita menggunakan imajinasi. Gambar yang letaknya di tengah  akan tampak lebih menarik, kita tetap focus dan membuat otak semakin aktif dan sibuk.
  3. Gunakan warna pada seluruh mind map (pemetaan – pikiran) karena warna membuat mind map lebih menarik, lebih cerah dan lebih hidup serta meningkatkan kekuatan dahsyat bagi cara berpikir kreatif.
  4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar sentral dan hubungkan cabang-cabang tingkat kedua dan ketiga pada tingkat pertama dan kedua, dan seterusnya. Ketika kita menghubungkan cabang-cabang, kita akan jauh lebih mudah dalam memahami dan mengingat. Menghubungkan cabang-cabang akan menciptakan dan membangun suatu struktur atau arsitektur dasar bagi pikiran. Oleh karena itu hubungkanlah!
  5. Buatlah cabang-cabang Mind Map berbentuk melengkung bukannya garis lurus. Karena jika semuanya garis lurus akan membosankan otak kita. Cabang-cabang yang melengkung dan hidup seperti cabang-cabang sebuah pohon jauh lebih menarik dan indah bagi mata kita.
  6. Gunakan satu kata kunci per baris. Karena kata kunci tunggal akan menjadikan mind map lebih kuat dan fleksibel. Setiap kata tunggal atau gambar tunggal seperti pengganda yang melahirkan sendiri rangkaian asosiasi dan hubungan khusus.
  7. Gunakan gambar di seluruh mind map. Karena setiap gambar, seperti gambar sentral juga bernilai seribu kata. Jadi, apabila kita hanya memiliki 10 gambar saja pada mind map, ini sudah sama dengan 10.000 kata yang terdapat dalam suatu catatan.

Itulah tujuh langkah yang bisa kita lakukan dalam membuat sebuah mind map, tinggal kita aplikasikan dalam kehidupan kita. Mind map bisa kita gunakan dalam presentasi, dalam membuat catatan belajar, dalam perencanaan proyek, perencanaan rekreasi dan sebagainya. Intinya adalah bahwa mind map mendorong kita untuk lebih kreatif  dan tidak monoton sebagaimana yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari yang semuanya serba linear, urut, dan monoton yang tentunyi akan membuat otak kita cepat bosan. Marilah kita mencobanya dengan resep di atas.

 

Penutup

“Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan” (Albert Einstein). Sebagai seorang yang menggunakan mind map,  kita akan membuat segala proses berpikir yang pernah digunakan oleh para pemikir kreatif terbesar dalam sejarah menjadi lebih mudah. Leonardo da Vinci dan Albert Einstein telah menggunakan seluruh batas kemampuan imajinasi mereka.[7]

Sekarang kita telah menyadari betapa dahsyatnya kekuatan mind map. Tugas kita adalah membiarkan imajinasi kita merajalela. Bayangkan bila kita mempunyai waktu, sumber dana serta energi yang tak terhingga, dan bahwa kita bisa melakukan segala sesuatu yang kita inginkan untuk jangka waktu yang abadi. Marilah kita terapkan untuk anak-anak kita agar lebih kreatif dan berkembang dengan imajinasi yang luar biasa sehingga belajar lebih enjoy !

 

 

 

 

 

 

*   Penulis adalah guru SMP Negeri 9 Yogyakarta tinggal di Semaki Gede UH I/194 Yogyakarta 55166, Telp.  (0274) 557440 / HP. 08157951916

 

BIODATA PENULIS

Nama                     :    HERU SUPRIYANTO, S.Pd.

Alamat Rumah       :    Semaki Gede UH I / 194, RT. 18/RW. 06 Yogyakarta 55166 Telp. (0274) 557440/HP. 08157951916

Alamat Sekolah     :    SMP Negeri 9 Yogyakarta Jl. Ngeksigondo 30 Yogyakarta 55172  Telp. (0274) 371168

Guru Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Sosial    

 

 

 

[1] Tony Buzan dalam Joyce Wycoff, 2005, Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran, Penerjemah: Rina S. Marzuki, Bandung: Kaifa, hal. 63.

 

[2]Iwan Sugiarto, Yang Lupa Diajarkan oleh Sekolah: Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2004, hal. 75.

 

 

[3]Tony Buzan,  Buku Pintar Mind Map, Alih Bahasa Susi Purwoko, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006, hal. 4.

 

[4]Ibid, hal. 9.

 

[5] Joyce Wycoff, op.cit., hal 66.

 

[6] Tony Buzan, 2004, How to Mind Map, alih bahasa: Eric Suryaputra, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hal. 21 – 23.

 

[7] Ibid. hal. 65.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMP Negeri 9 Yogyakarta Laksanakan TPM TKA & TKAD - Wujud Kesiapan Siswa Kelas IX Menuju AKM 2025

Mulai Selasa hingga Jumat, 28–31 Oktober 2025, SMP Negeri 9 Yogyakarta melaksanakan kegiatan Tes Pendalaman Materi (TPM) untuk Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Kemampuan Akade

31/10/2025 09:47 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 175 kali
Mas Jos - Siswa SMP N 9 Yogyakarta Jadi Generasi Peduli Lingkungan bersama “Mas Jos”!

Pada Rabu, 29 Oktober 2025, SMP Negeri 9 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Mas Jos (Manajemen Sampah Joss) sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap lingkungan dan upaya membangun bud

30/10/2025 08:32 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 94 kali
Semangat Sumpah Pemuda Siswa-Siswi SMP Negeri 9 Yogyakarta 2025

Pada Selasa, 28 Oktober 2025, keluarga besar SMP Negeri 9 Yogyakarta melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-97 di lapangan sekolah dengan penuh semangat dan rasa nasional

28/10/2025 10:41 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 110 kali
Belajar Menjadi Tamu Allah - Siswa SMP N 9 Yogyakarta Laksanakan Manasik Haji di Qolbu Boyolali

Pada Kamis, 9 Oktober 2025, seluruh siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta mengikuti kegiatan Manasik Haji yang diselenggarakan di Qolbu Boyolali, sebuah tempat edukatif yang dirancang khusus un

16/10/2025 08:08 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 165 kali
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1447 H di SMP N 9 Yogyakarta: Momen Inspiratif untuk Meneladani Akhlak Rasulullah

Pada Kamis, 11 September 2025, SMP Negeri 9 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1447 H dengan penuh semangat dan kebersamaan. Acara ini dibuka secar

15/09/2025 11:14 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 300 kali
Penjelajahan Warisan Budaya - Kunjungan Edukatif Lintas Mapel Kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta ke Museum Sonobudoyo & Kraton Yogyakarta

Selasa, 12 Agustus 2025 menjadi hari penuh makna bagi siswa-siswi Kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Dalam rangka pembelajaran luar kelas, mereka mengunjungi dua destinasi budaya ikonik

12/08/2025 18:53 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 593 kali
DamkarMat Goes to School - SMP Negeri 9 Yogyakarta

  Jumat pagi, 8 Agustus 2025, halaman SMP Negeri 9 Yogyakarta dipenuhi semangat dan antusiasme para siswa. Mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB, kegiatan DamkarMat Goes to School ya

08/08/2025 10:56 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 1031 kali
SMP Negeri 9 Yogyakarta Sambut Siswa dan Orang Tua Baru dalam Pembekalan Pra-MPLS dan Sosialisasi Program Sekolah

  Yogyakarta, 11 Juli 2025 — SMP Negeri 9 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (Pra-MPLS) bagi siswa baru kelas VII Tahun A

11/07/2025 12:59 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 679 kali
SPMB 2025 Kota Yogyakarta - SMP Negeri 9 Yogyakarta Sambut Generasi Emas Penerus Bangsa

SPMB SMP Kota Yogyakarta 2025/2026 di SMP Negeri 9 Yogyakarta Proses Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Yogyakarta telah berlangsu

02/07/2025 12:43 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 581 kali
Kunjungan Museum OSIS SMPN 9 Yogyakarta - Belajar Sejarah dan Sains di Jantung Kota Yogyakarta

  Pada hari Selasa, 24 Juni 2025, OSIS SMP Negeri 9 Yogyakarta melaksanakan kegiatan Kunjungan Museum yang penuh edukasi dan antusiasme. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang S

02/07/2025 08:44 - Oleh SMP Negeri 9 Yogyakarta - Dilihat 445 kali